Manfaat Multimedia Interaktif

 

Manfaat Multimedia Interaktif


Media interaktif memiliki banyak manfaat dalam semua bidang kehidupan manusia,mulai dari bidang pendidikan,kesehatan,bisnis,teknik,komunikasi bahkan hiburan.

1. Bidang pendidikan
Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang utama yang mendapat manfaat dari teknologi multimedia interaktif. Hal ini tampak dari berbagai aplikasi yang digunakan dalam bidang pendidikan,seperti e-learning,e-book,dan e-training.

Multimedia sangat membantu dalam dunia pendidikan disebabkan oleh beberapa faktor berikut.

a. Multimedia dapat menampilkan objek biologi yang sangat kecil, seperti kuman, bakteri, dan mikroorganisme lainnya untuk dapat dilihat dan dipelajari.

b. Multimedia dapat menampilkan objek yang sangat besar dan jauh seperti planet,sistem tata surya,bentuk gunung,dataran tinggi,dan lain sebagainya.

c. Multimedia dapat menampilkan animasi dari objek yang bergerak.

d. Multimedia dapat menambah daya tarik siswa untuk mengamati berbagai objek.

Adapun keuntungan dan manfaat multimedia interaktif di bidang pendidikan sebagai berikut.

a. Multimedia dappat membantu siswa dalam mengingat dan mengerti pelajaran.

b. Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.

c. Multimedia dapat menampilkan dan memberikan pengetahuan secara teks maupun gambar animasi tentang objek-objek yang sulit kepada siswa.

d. Multimedia mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan.

e. Multimedia dapat membantu siswa menjadi tertarik pada pelajaran,sehingga proses belajar siswa tidak membosankan.

f. Multimedia dapat membuat siswa menjadi lebih aktif,baik dengan guru maupun dengan siswa lain.


2. Bidang kesehatan
Pada bidang kesehatan, multimedia interaktif digunakan sebagai media bagi dokter untuk melihat ataupun melakukan simulasi virtual operasi, serta mengembangkan teknik yang sesuai untuk mencegah terjadinya penyakit menular oleh virus dan bakteri.

3. Bidang bisnis dan pemasaran
Multimedia interaktif mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis, karena dapat digunakan sebagai media promosi.

Multimedia interaktif memiliki kelebihan untuk menarik minat calon pembeli, karena gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan. Adapun contoh aplikasi multimedia pada bidang bisnis adalah e-commerce dan m-commerce.

4. Bidang teknik
Pada bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang di gunakan dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yaang dapat membantu di bidang teknik industri, teknik mesin, dan teknik sipil.

5. Bidang transportasi dan komunikasi
Pada bidang transportasi, multimedia digunakan untuk menampilkan sistem navigasi sebuah pesawat atau kapal laut. Pada navigasi kapal laut, multimedia dapat digunakan untuk menentukan koordinat dan arah gerak kapal.
Pada bidang komunikasi, multimedia dimanfaatkan untuk mempermudah manusia bertukar informasi. Pada perangkat mobile seperti smartphone, tablet, dan iphone, sudah banyak menggunakan multimedia khususnya dalam content mobile.

6. Bidang hiburan
Pada bidang hiburan, teknologi multimedia interaktif dapat menghasilkan permainan yang lebih menarik. Selain itu, multimedia juga digunakan untuk pembuatan film,baik film animasi dua dimensi (2D), tiga dimensi (3D), maupun untuk memperkaya film live shooting denggan karakter, lingkungan, special effect, dan suara yang dihasilkan dan di manipulasi dengan komputer.

Sumber : https://elisernasari.blogspot.com/2019/10/manfaat-multimedia-interaktif-halo.html

Posting Komentar

0 Komentar